Sabtu, 23 November 2013

Kiat - Kiat Menghadapi Ujian Nasional


Ujian Nasional kadang menjadi momok bagi siswa. Sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi jika siswa siap dalam menghadapi Ujian tersebut. Dalam menghadapi  UN kita harus mempunyai Persiapan yang matang agar kita rileks dan mental kita kuat dalam menghadapi UN. Dibawah ini beberapa kiat dalam menghadapi UN :

1.      Belajar dengan sungguh – sungguh

Dengan belajar kita sudah mendapat ilmu tambahan dalam menghadapi UN. Tetapi belajar yang seperti apa yang harus kita lakukan ? Pastinya belajar dengan sungguh – sungguh , bersemangat dan tidak ketinggalan belajarlah walau hanya sedikit- sedikit tetapi sering. Kebanyakan orang (termasuk saya) belajar giat hanya pada saat akan ulangan saja, hal itu tidak benar karena belajar dengan system tersebut kurang efektif apalagi bagi orang yang pelupa. Maka  saran saya belajarlah dan ulangilah pelajaran yang telah guru berikan walaupun hanya sedikit, tetapi jika kita melakukannya dengan sesering mungkin, niscaya pelajaran yang kita dapat tidak mudah lupa bahkan akan lebih mengingat pelajaran tersebut.

2.  Kurangi atau Tinggalkan Bermain Game

Game dapat membuat jadual dan konsentrasi belajar kita terganggu. Maka kita harus menjauhi dulu yang namanya game online, game computer, game apa saja  yang bisa membuat kita lupa waktu. Kita simpan waktu kita dahulu untuk belajar dalam menghadapi UN, toh setelah UN kita  punya banyak waktu untuk melakukan hal- hal yang kita senangi termasuk bermain game.

3.   Rajinlah mengerjakan soal – soal yang akan diUN kan

Try Out sangat berguna sebagai pengukur seberapa siapnya kita dalam menghadapi UN. Jika ada try out – try out kita harus dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin. Kita harus berlatih percaya diri akan kemampuan kita sendiri dan berusaha menjadi yang terbaik. Selain rajin TO kita juga harus berlatih mengerjakan soal – soal UN sendiri. Kita dapat mengerjakan soal –soal tersebut dari buku ataupun dengan mencarinya di internet semua itu dilakukan agar kita terbiasa dalam mengerjakan soal UN.

4.  Rajin beribadah dan berdoa serta mohon doa restu orang tua

Beribadah memang merupakan hal wajib yang harus dilakukan setiap umat, tetapi yang dimaksud beribadah itu bermacam- macam salah satunya mengerjakan ibadah yang sunah. Sebagai contoh berpuasa sunnah senin-kamis, shalat malam sambil berdoa meminta kemudahan dan nilai yang memuaskan saat UN. Kita juga harus meminta restu orang tua karena dengan doa dan restu orang tua niscaya apapun yang menjadi keinginan kita akan tercapai. Amiin.

Saran :

Dalam menghadapi UN kita perlu mempersiapkannya sedini mungkin agar pada saat hari H kita dapat berjuang dengan kemampuan maksimal kita. Sebelum mengerjakan soal terlebih dahulu berdoa dan yakin dalam mengerjakannya. Yang terpenting kita harus menjaga kesehatan agar saat UN otak kita pun segar. Semoga target dan Keinginan yang dicita-citakan tercapai . Amiin.

Sumber : www.abyan255.wordpress.com ( hasil pemikiran saya yang terlampir di blog lama saya)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tujuan hidup di bumi

Mengapa kita tercipta di dunia ini? Heh, kok tercipta, kesannya kalo gitu kita ada begitu aja tanpa ada yang menciptakan. Baiknya gunakan &q...