Selasa, 04 September 2018

Review TED Video #1

Review TED Video #1
Noorena Hertz

Tentang strategi menyampaikan pendapat yang bertentangan dengan para ahli. Dilatarbelakangi dengan fakta bahwa presentase kesalahan sang ahli juga cukup besar. Namun, kebanyakan orang awam dengan mudahnya membenarkan setiap informasi yang sang ahli berikan. Seperti pasien yang mendengarkan setiap nasihat dokter, setiap diagnosa dan kesimpulan yang terucap diiyakan saja tanpa mau tau lebih dalam penyakit apa yang dimaksud, terkadang sang dokter menyatakan suatu penyakit dengan bahasa yang asing didengar oleh orang awam, padahal penyakit biasa.

Pentingnya budaya kritis, tidak mudah menerima informasi mentah- mentah, meski dari seorang yang ahli. Karena seorang yang ahli sekalipun bisa melakukan kesalahan. Maka kita harus fokus dan mendalami topik yang didiskusikan. Dalam berdiskusi kita perlu bahan sehingga diskusi tersebut dapat berjalan dengan dinamis.

Al Quran mengatakan bahwa ketika kita tidak mengetahui suatu hal hendaknya kita bertanya pada ahlinya. Dengan kita mendebat atau berdiskusi dengan mereka, tidaklah menjadi hal yang bertentangan. Lagi- lagi karena para ahli juga manusia, tetapi tetap berdiskusi dengan adab yang sesuai, dengan niat tulus untuk mengerti suatu persoalan bukan untuk merendahkan keilmuan sang ahli tersebut.

Bagi seorang pemimpin, diperlukan budaya diskusi sebelum memberi arahan yang biasanya hanya didasari pengetahuan dirinya pribadi. Seorang pemimpin harus memberi arahan yang jelas dengan data, dan tidak menutup diri dari berdiskusi terlebih ketika memang ada sanggahan atau keberatan dari anggota yang diberi arahan. Terlepas dari hal itu pun, sebaiknya dalam memberi arahan, tetap budayakan untuk bertanya pendapat orang yang diberi arahan, baik untuk mengetahui yang terbaik menurutnya, maupun menanyakan terkait kesiapan.

Seperti memaksakan untuk mengerti dan akhirnya mengembangkan sendiri, masih sangat tidak pantas dikatakan sebagai review suatu pidato. Semoga ke depan lebih baik lagi. Inilah hasil menonton video Ted dengan pengulangan 2-3x dalam kondisi ngantuk-ngantuk saat mendengarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tujuan hidup di bumi

Mengapa kita tercipta di dunia ini? Heh, kok tercipta, kesannya kalo gitu kita ada begitu aja tanpa ada yang menciptakan. Baiknya gunakan &q...