Senin, 20 Agustus 2018

#MakingNewHabits


Udah lama bangat gak nulis lagi.

Ada yang bilang kebiasaan atau habits itu dapat terbentuk ketika rutin melakukannya selama sebulan atau 40 hari. Baru setelah 40 hari, suatu hal yang rutin dikerjakan itu bisa dikerjakan secara otomatis. Gaperlu lagi ada reminder/ pengingat. Ba’da lebaran gue menargetkan untuk rajin membaca. Dan alhamdulillah signifikan bangat, gak kurang dari 8 buku berbagai genre gue baca. Kemudian mulai seneng nulis, aktifin blog lagi. Dan yaa setiap hari gak pernah lupa untuk nulis, meski kadang tulisannya gak jelas. Pernah sempet terkendala ketika laptop tiba- tiba rusak. Backlightnya rusak, alhasil harus pake monitor eksternal atau projector untuk bisa nampilin layar laptop. Karena terlalu ribet, yaudah dibawa service dan alhamdulilah cukup cepat, cuma 2 hari tapi bayarnya lumayan sih, 300rb. 

Pembiasaan nulis pun berlanjut. Namun sayang, mungkin gak sampe seminggu hal yang ingin dijadikan kebiasaan itu terabaikan seiring kegiatan yang cukup sibuk. Gak sibuk- sibuk bangat sih sebenernya, ya latihan display ukm, trus kegiatan TS yang udah mulai masa- masa orientasi. Dan sekarang, kedua hal yang ingin dijadikan kebiasaan itu menghilang gitu aja, gue jadi males lagi buat baca buku, pun nulis gak ada ide.

Gue tau apa yang salah. Bukan tentang banyaknya kegiatan. Tapi tentang pemaksaan kebiasaan itu sendiri. Nulis itu tahapan selanjutnya setelah lu biasa baca. Gak akan bisa, eh susah deh untuk nulis tanpa rajin baca. Maka gue tau kesalahan yang baru aja gue perbuat. Ya, mengabaikan atau bahkan meninggalkan kebaisaan membaca.

Membaca dan menulis itu bisa beriringan sebenernya. Rajin baca akan menambahkan kosa kata, gaya bahasa dan penulisan, dan dengan menulis maka ilmu- ilmu yang udah didapat saat membaca akan terulang kembali. Maka, saatnya menumbuhkan kebiasaan itu kembali. Yuk rajin membaca dan menulis. Baca Quran, murajaah dan ziyadahnya juga jangan terlupa!

You can do it! Nothing is impossible.

Waktu Dhuha, 1 Dzulhijah 1439 H
@IndonesiaQuranFoundation
#Day1MakingNewHabits


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tujuan hidup di bumi

Mengapa kita tercipta di dunia ini? Heh, kok tercipta, kesannya kalo gitu kita ada begitu aja tanpa ada yang menciptakan. Baiknya gunakan &q...