Minggu, 30 September 2018

Hati- Hati Bangga Diri!


Jangan pernah ada perasaan lebih baik dari orang lain. Ketika bangga diri telah menguasai diri, seringkali tertutuplah segala kebaikan yang ada pada orang lain. Kita akan cenderung meremehkan orang lain. Berharap kejatuhan, kesalahan yang orang lain perbuat. Hati- hati jika memang sudah ada tanda- tanda seperti itu. Itulah yang Namanya kesombongan. Dan penyombong tempatnya di neraka, meski sekecil apapun kesombongan itu.

Anehnya sombong itu terkadang bukan pada urusan dunia saja. Bukan hanya karena harta, kedudukan atau apa pun duniawi yang melekat pada diri. Ada juga perihal akhirat yang bisa jadi sumber kesombongan. Bacaan Quran yang merdu, hafalan yang banyak bisa- bisa menjadi sebab berbangga diri, meremehkan orang lain, merasa diri yang paling baik.

Terhadap setiap kebaikan yang orang lain miliki, berusahalah untuk senang. Jangan sampai merendahkan, membanding- bandingkan dengan diri sendiri. Terhadap kesalahan yang diperbuat orang, jangan memakinya, bantulah untuk memperbaikinya, tunjukkanlah kesedihan ketika orang lain sedih, senang ketika orang lain senang.

Dunia itu sementara, sedangkan akhirat itu kekal. Apa pun kesenangan yang diperoleh kini, tak pernah sebanding dengan kesenangan di akhirat kelak. Bertahanlah, bersabarlah demi menggapai kehidupan mulia di akhirat, bukan di dunia. Dan berhati- hatilah, jangan sampai wujud amal baik, malah menjadi pengantar ke neraka dengan berbangga diri. Bukankah orang yang paling rugi adalah mereka yang merasa amalnya sudah cukup baik di dunia, sedang ternyata amal perbuatannya sia-sia, tak berbekas akibat riya.

Ya Allah bantulah diri ini untuk senantiasa berada dalam jalan yang Engkau ridhoi. Jangan biarkan kesombongan menguasai diri ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tujuan hidup di bumi

Mengapa kita tercipta di dunia ini? Heh, kok tercipta, kesannya kalo gitu kita ada begitu aja tanpa ada yang menciptakan. Baiknya gunakan &q...